SOFT SKILL PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33505/jodis.v4i2.198Keywords:
Soft Skill, Interpersonal Skill, Intrapersonal Skill, Library ServicesAbstract
Penelitian ini berjudul “Soft Skill Pustakawan untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan soft skill yang baik bagi pustakawan dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemampuan soft skill pustakawan dalam layanan di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan kategori studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian terhadap soft skill pustakawan yang berada di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang dapat diketahui bahwa pustakawan dapat memberikan pelayanan yang cukup baik bagi pemustaka dengan kemampuan soft skill pemustaka, baik interpersonal skill dan intrapersonal skill sehingga memberikan kepuasan terhadap pemustaka dan memenuhi harapan bagi pemustaka.References
Ansor, S. (2016). Prosiding Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan. Surakarta
Atkinson. (1994). Manajemen Waktu yang Efektif. Binarupa Aksara.
Cliffs, W. (2000). Kepemimpinan dalam Manajemen. Rineka Cipta
Forsyth, P. (2009). Janganlah Sia-siakan Waktumu. Grara Ilmu.
Haynes, M. E. (1994). Manajemen Waktu untuk Diri Sendiri. Binarupa Aksara.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Dua. Erlangga.
Klaus, P., Rohman, J.. & Hamaker, M. (2007). The Hard Truth About Soft Skills, Workplace Lessons Smart People Wish They’d Learned Sooner.
Kusmiran, E. (2019). Soft Skills Caring : Dalam Pelayanan Keperawatan. TIM.
Lapindus, I. M. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
Lei Han. (2015). Interpersonal Communication Style Quiz- 25 Questions. http://bemycareercoach.com/soft-skills/communication-skills/interpersonal-communication-quiz.html
Saila, I. (2008). Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Tim Kerja Pengembangan Soft skills Dorektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Sulianta, F. (2018). Panduan Lengkap Pengembangan Soft Skill Interpersonal & Intrapersonal Skill. Andi
Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.
Sumekar, S. (2009). Layanan Prima Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.
Muslich & Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis. Multidimensional. PT Bumi Aksara
Stonner, J.A.F. (1982). Management. Prentice Hall International, Inc, Englewood.
Taylor. (1990). Manajemen Waktu Menurut Para Ahli. Gramedia.
Ruesch, J. (1957). Pragmatics of human communication: a study of interactional patterns, pathologies, and paradoxes. Arch Gen Psychiatry
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Documentation and Information Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi dan pemanfaatan karya intelektual pada jurnal ini menjadi milik penuh penerbit, sedangkan hak moral menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal akses dan pemanfaatan setiap artikel JoDIS tunduk di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dan wajar (fair use) dalam bentuk serupa bahkan untuk kepentingan komersial.
- Untuk menghindari tindakan malpraktik publikasi dan plagiarisme penerbitan artikel, penulis diminta mengisi dan menandatangani pernyataan hak cipta pada Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Copyright Transfer.