SOFT SKILL PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Authors

  • Nur Indah Ariani Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33505/jodis.v4i2.198

Keywords:

Soft Skill, Interpersonal Skill, Intrapersonal Skill, Library Services

Abstract

Penelitian ini berjudul “Soft Skill Pustakawan untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan soft skill yang baik bagi pustakawan dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemampuan soft skill pustakawan dalam layanan di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan kategori studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian terhadap soft skill pustakawan yang berada di Perpustakaan Unit II Universitas Muhammadiyah Semarang dapat diketahui bahwa pustakawan dapat memberikan pelayanan yang cukup baik bagi pemustaka dengan kemampuan soft skill pemustaka, baik interpersonal skill dan intrapersonal skill sehingga memberikan kepuasan terhadap pemustaka dan memenuhi harapan bagi pemustaka.

References

Ansor, S. (2016). Prosiding Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan. Surakarta

Atkinson. (1994). Manajemen Waktu yang Efektif. Binarupa Aksara.

Cliffs, W. (2000). Kepemimpinan dalam Manajemen. Rineka Cipta

Forsyth, P. (2009). Janganlah Sia-siakan Waktumu. Grara Ilmu.

Haynes, M. E. (1994). Manajemen Waktu untuk Diri Sendiri. Binarupa Aksara.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Dua. Erlangga.

Klaus, P., Rohman, J.. & Hamaker, M. (2007). The Hard Truth About Soft Skills, Workplace Lessons Smart People Wish They’d Learned Sooner.

Kusmiran, E. (2019). Soft Skills Caring : Dalam Pelayanan Keperawatan. TIM.

Lapindus, I. M. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka

Lei Han. (2015). Interpersonal Communication Style Quiz- 25 Questions. http://bemycareercoach.com/soft-skills/communication-skills/interpersonal-communication-quiz.html

Saila, I. (2008). Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Tim Kerja Pengembangan Soft skills Dorektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sulianta, F. (2018). Panduan Lengkap Pengembangan Soft Skill Interpersonal & Intrapersonal Skill. Andi

Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.

Sumekar, S. (2009). Layanan Prima Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.

Muslich & Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis. Multidimensional. PT Bumi Aksara

Stonner, J.A.F. (1982). Management. Prentice Hall International, Inc, Englewood.

Taylor. (1990). Manajemen Waktu Menurut Para Ahli. Gramedia.

Ruesch, J. (1957). Pragmatics of human communication: a study of interactional patterns, pathologies, and paradoxes. Arch Gen Psychiatry

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Kencana

Downloads

Published

2023-08-17

Issue

Section

Article